Senin, 25 November 2019

JAWABAN TWK 1

Berikut ini adalah jawaban dari TWK 1 kemarin

#jawabanTWK1

Kristalisasi dari nilai-nilai luhur yang dimiliki oleh bangsa sendiri yang diyakini kebenarannya dan menimbulkan tekad pada bangsa untuk mewujudkannya. Hal ini sesuai dengan penghayatan dan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup.
Jawaban: C

#jawabanTWK2
Yang merupakan salah satu cabang ilmu filsafat adalah metafisika.
Jawaban: A

#JawabanTWK3
B .bangkok

#JawabanTWK4
4. Jawaban : B
Pengertian xenosentrisme adalah suatu sikap dimana orang menilai rendah kebudayaan sendiri / lokal dan menilai tinggi kebudayaan asing. Paham xenosentrisme berasal dari sikap individu yang kurang percaya diri dan merasa inferior. Ini adalah kebalikan yang tepat dari kata etnosentrisme.

#JawabanTWK5
Jawaban : C
SILA KELIMA, KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA
- Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.
- Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
- Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
- Menghormati hak orang lain.
Subyek pada soal yaitu seorang Aparatur Penegak Hukum. Pelanggaran PERJA NOMOR : PER- 067/A/JA/07/2007 TENTANG KODE PERILAKU JAKSA, Jaksa tidak boleh menangani perkara yang mempunyai kepentingan pribadi atau keluarga yang diperkuat dengan tindakan Budi yang terindikasi mengintervensi Jaksa yang notabene calon istrinya merupakan penyimpangan sila kelima (tidak adil terhadap korban dan tidak dapat menjaga keseimbangan hak dan kewajiban)

#JawabanTWK6
Jawaban : B
Pancasila sila kedua, yaitu Kemanusiaan yang adil dan beradab.
2. Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membedabedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
 Tindakan Andi merendahkan petugas TransJakarta. Maka, penyimpangan Pancasila yang paling tepat yaitu sila kedua, sebab  membeda- bedakan hubungan sosial dengan melihat kedudukan sosial petugas TransJakarta

#JawabanTWK 7
Jawaban : A
Pengakuan terhadap keberagaman agama yang dimiliki oleh Indonesia dan dituangkan dalam dasar negara merupakan perwujudan keberagaman yang diakui bahwa agama merupakan nilai positif bagi warga negara yang harus dijamin.

#JawabanTWK 8
Jawaban : E
Soepomo sebagai aktor dan pahlawan Indonesia dari kaum terpelajar yang mencetuskan pertama kali tentang paham integralistik pada sidang BPUPKI dalam merumuskan bentuk negara kesatuan bukan federal.

#JawabanTWK 9
 Jawaban : E
Generasi milenial saat ini mengalami penurunan pemahaman terhadap nilai- nilai Pancasila. Akibatnya perilaku-perilaku yang tidak pantas sering terjadi termasuk cyber bullying.

#JawabanTWK10
Didalam demokrasi langsung setiap suara diberikan oleh rakyat memiliki fungsi yang sangat vital bagi pemerintahan. Hal ini disebabkan jumlah masyarakat masih sedikit dan terjangkau untuk melakukan voting secara langsung.
JAWABAN : C

#JawabanTWK11
E. Merayakan hari raya bersama-sama. Perhatikan kata kecuali nya yaa😊

#JawabanTWK12
Jawaban : A. Penyimpangan terhadap sila ke -3 ( Persatuan Indonesia), yang pernah terjadi adalah: Kerusuhan yang terjadi di Tolikara. Kerusuhan yang terjadi awal April 2016 ini merupakan konflik antara dua distrik, yaitu Gika dan Panaga, yang masih dalam sayu kesatuan daerah. Kerusuhan ini menimbulkan korban jiwa dan materi.

#JawabanTWK13
JAWABAN: E
Bangunan masjid di Indonesia pada zaman Madya mempunyai ciri khusus pada atapnya. Atap masjid pada zaman Madya umumnya bertingkat dengan jumlah gasal, tiga, atau lima. Atap bertingkat itu disebut atap tumpang. Atap semacam itu mengingatkan kita pada bangunan meru di Bali, tempat suci pada pura. Pada relief-relief candi Jawa Timur pun terdapat gambar-gambar atap tumpang, walaupun sampai kini,bangunan atap tumpang yang dibuat pada zaman Kuno belum ditemukan. Mungkin bangunan dengan atap tumpang tersebut dibuat dari kayu atau bambu yang mudah hancur.

#JawabanTWK14
JAWABAN: C
Operasi Dwikora merupakan operasi militer yang digunakan Indonesia saat melakukan Konfrontasi dengan Malay￾sia dan Negara Persemakmuran Inggris, seperti Australia dan Selandia Baru. Konfrontasi ini bisa terjadi karena Indonesia menolak pembentukan Federasi Malaysia yang dilakukan oleh Inggris  untuk menyatukan Koloninya yang berada di Kalimantan dan Semenanjung Malaya.

#JawabanTWK15
JAWABAN: A
Berdasarkan UUD 1945 Pasal 18A ayat 1, hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintahan daerah provinsi, kabupaten, dan kota, atau antara provinsi dan kabupaten dan kota, diatur dengan undangundang dengan memperhatikan kekhususan dan keragaman daerah.

#jawabanTWK16
C. Perundingan, Penandatangan dan pengesahan 
Menurut pasal 6 UU No.24 tahun 2000 bahwa tahapan perjanjian nasional, adalah perundingan, penandatanganan, dan pengesahan.

#jawabanTWK17
C. Depresiasi 
Pengertian di KBBI: 
ap·re·si·a·si /aprésiasi/ n 1 kesadaran thd nilai seni dan budaya; 2 penilaian 
(penghargaan) thd sesuatu; 3 kenaikan nilai barang krn harga pasarnya naik atau
permintaan akan barang itu bertambah; 
in·fla·si n Ek kemerosotan nilai uang (kertas) krn banyaknya dan cepatnya uang (kertas) 
beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang 
dep·re·si·a·si /déprésiasi/ n turunnya nilai, penyusutan nilai (spt mata uang) 
de·va·lu·a·si /dévaluasi/ n penurunan nilai uang yg dilakukan dng sengaja thd uang luar 
negeri atau thd emas (msl untuk memperbaiki perekonomian); 
kurs n nilai mata uang suatu negara yg dinyatakan dng nilai mata uang negara yg lain

#jawabanTWK18
E. alat 
 Kata instrumen bisa bermakna alat dan sarana penelitian. Dalam paragraph tersebut, kata instrumen berarti alat, kata instrumen berarti sarana penelitian berarti sarana penelitian 
apabila kata tersebut digunakan dalam konteks mengolah data dalam penelitian, misalnya 
instrumen penelitian atau angket.

#JawabanTWK19
C. Politik

#JawabanTWK20
C. Sila ke-3

#JawabanTWK21
A. Sumpah pemuda merupakan tiang utama pemersatu bangsa

#JawabanTWK22
D. Upacara pelantikan merupakan hak yg dijamin oleh Pancasila yaitu sila ke-4

#JawabanTWK23
C. Tiap hak yg dimiliki berbatasan erat dengan hak orang lain

#JawabanTWK24
D. Jelas

#JawabanTWK25
jawaban B
Bentuk terikat yang diikuti oleh kata yang berhuruf awal kapital atau singkatan yang berupa huruf kapital dirangkaikan dengan tanda hubung (-).
Misalnya:
non-Indonesia
pan-Afrikanisme
pro-Barat
non-ASEAN

#JawabanTWK26
jawaban : A
Kata depan, seperti di, ke, dan dari, ditulis terpisah dari kata yang mengikutinya.
Misalnya:
Di mana dia sekarang?
Di mana Merdi tinggal sekarang?
Kain itu disimpan di dalam lemari.

#JawabanTWK27
Sila ke - 3
Ingin memisahkan diri dari NKRI menentang sila ke 3

#JawabanTWK28
Jawaban: B. Menghindari persaingan antar sesama pedagang Belanda 
 Tujuan VOC yaitu: Menghindari persaingan yang tidak sehat sesama pedagang Belanda, 
Peperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan sesama pedagang Eropa dan 
membantu dana pemerintah Belanda.

#JawabanTWK29
Desentralisasi adalah penyerahan Kekuasaan Pemerintahan oleh Pemerintah Pusat kepada daerah otonom berdasarkan Asas Otonomi. pengertian ini sesuai dengan Undang-undang nomor 23 tahun 2014.

#JawabanTWK 30
Jawaban : D.
Difusi budaya merupakan penyebaran unsur-unsur budaya kota ke desa. Difusi budaya dapat menyebabkan semakin melemahnya kekuatan suatu budaya karena adanya pengaruh budaya lain. Generasi muda yang cenderung mendengarkan lagu dan menonton film asing terjadi karena adanya difusi budaya melaui kontak budaya antar 
bangsa.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

SAMISANOV Menjelajah Negeri